Posted by : Nur Rokhman Selasa, 30 Juni 2015

Bagi yang ingin membeli sistem operasi (operating system atau biasa dikenal dengan OS) Microsoft ataupun produk lainnya dari Microsoft (Office, dsb), ada baiknya Anda mengetahui lebih dahulu jenis lisensi yang ada di Microsoft.
Berikut ini adalah beberapa jenis lisensi dari Microsoft.

1. OEM (Original Equipment Manufacturer)
Jenis lisensi ini melekat pada PC/Laptop baru artinya lisensi ini harus dijual. Lisensi ini tidak dapat ditransfer ke PC/Laptop lain karena nomor/seri pada prosesor atau motherboard sudah tercatat. Apabila terjadi kerusakan pada prosesor atau motherboard, kemudian diganti dengan yang baru, maka lisensi ini tidak berlaku lagi.


2. GGWA (Get Genuine Windows Agreement)
Lisensi ini ditujukan pada perusahaan yang mempunyai Sistem Operasi Microsoft tapi belum memiliki lisensi yang legal.

3. GGK (Get Genuine Kit)
Lisensi ini ditujukan kepada perusahaan yang mempunyai produk Microsoft tapi belum memiliki lisensi yang legal.

4. FPP (Full Packaged Product)
Lisensi ini bisa digunakan secara perorangan maupun perusahaan. Kemasannya pun dalam bentuk box dimana di dalamnya terdapat product key. Lebih nyamannya lagi adalah apabila PC/Laptop terjadi kerusakan, maka produk Microsoft tersebut dapat diinstall kembali tanpa harus membeli lisensi. Pada lisensi ini juga, ada beberapa produk yang bisa digunakan pada lebih dari 1 PC/Laptop.

5. Open License
Lisensi ini dibagi dua, yaitu Open Business dan Open Volume. Open Business ditujukan pada perusahaan kecil menengah yang menginginkan harga lebih murah daripada FPP dan jumlah yang dipesan juga tidak banyak, minimal 5 unit. Open Volume hampir sama dengan Open Business, harganya juga bisa lebih murah, namun minimal pembeliannya 500 unit.

6. Open Value
Bisa dibilang Open Value ini adalah Open License++ yang mana pembelian produk Microsoft tersebut sudah termasuk Software Assurance (Support dari Microsoft). Hanya saja, untuk Open Value ini, produk sudah dibundle dengan Produk Microsoft lainnya (Office Pro, Desktop Pro Platform, dkk), harganya pun sudah sesuai dengan agreement di awal.

7. OLP Academic
Lisensi ini ditujukan kepada Sekolah/Akademi/Universitas yang memiliki.

8. OLP Charity
Lisensi ini ditujukan kepada organisasi non profit dengan membeli banyak software dari Microsoft, tentunya harganya juga miring. Untuk mendapatkan lisensi ini, organisasi tersebut harus memenuhi persyaratan tertentu.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Unduh Adobe Flash player

Recent Post

Popular Post

Labels

5G (1) ads (2) AI (2) Blogspot (7) CodeIgniter (1) CyberCrime (6) daihatsu (1) database (9) delphi (6) download (1) ebook (3) entertainment (7) facebook (2) Film (1) firefox (1) flashdisk (1) google (2) islam (5) IT (21) keamanan komputer (9) komputer (31) mediafire (1) microsoft (5) multimedia (5) mysql (1) OpenAI (1) OS (5) pemrograman (3) Photography (1) php (4) phpmysql (1) postgreSQL (2) seo (2) teknologi (24) teknologi hijau (1) Telekomunikasi (5) tips dan trik (27) tokoh islam (4) Umum (16) windows (11) wisata (1)

Followers

Google+ Google+ Follow Twitter Add Facebook RSS FEED email
Diberdayakan oleh Blogger.

-- Copyright © 2016 Beluluk - Powered by Blogger --